Linux Client, Windows Printer Server

Beberapa waktu lalu, saya sempat membawa printer Epson Stylus T11 untuk Lab IARD . ( Lebih tepatnya saya pinjamkan, maklum saya sebagai senior dan alumni yang baik 😀 ) . Menurut pengalaman saya yang lalu dan dari hasil info untuk menggunakan printer Epson T11 secara lokal di Linux kita membutuhkan driver Epson Stylus C64 . Lalu bagaimana dengan Printer Sharing ? Dimana Printer Sharingnya menggunakan Windows , sedangkan clientnya menggunakan Linux ?

Begini caranya

1. Bukalah melalui browser dan ketikkan alamat http://localhost:631

2. Pilihlah add printer

3. Pilihlah Opsi Device : Windows Printer Via Samba

4. Dalam kasus saya, IP dari Printer Server adalah 10.14.200.252 dan nama printer sharing nya adalah epsont11

5. Pilih Manufacture dan driver ppd yang ingin digunakan

6. Dalam kasus saya, printer yang digunakan adalah Epson Stylus T11 dan driver ppd yang compatible adalah Epson Stylus C64

7. Add Printer

8. Jika sukses maka akan muncul info seperti dibawah ini. Jika Anda diminta memasukkan username dan password. Maka masukkanlah username dan password root Anda

9. Anda dapat mengatur setting default printer Anda

——————————————————————————————————————————————–
source
-Pengalaman Penulis-
Im not Angel either Demon, just human
-Gaous Afrizal-

sory, belum saya rapikan. Koneksi Inet saya agak sedikit error 🙂

Leave a Reply

