Data Recovery

Beberapa waktu lalu (mungkin sekitar 1 bulan yang lalu) , saya melakukan backup data terhadap semua data yang saya miliki ke dalam CD dan DVD . Maklum saja, hardisk laptop, USB FlashDisk, MMC Handphone SE Vivaz sudah habis tidak ada tempat lagi untuk menyimpan data.

Sayangnya terjadi kesalahan, data yang seharusnya dicopy dari MMC belum saya copy ke laptop untuk selanjutnya dibackup ke DVD dan file pada MMC terlanjur terhapus. Sempat putus asa, dan disarankan untuk menggunakan getdataback untuk recover file dari MMC handphone. Saya yakin sekali, tidak 100% data bisa kembali. Namun patut dicoba!

Saya teringat, beberapa bulan sebelumnya sempat melakukan backup data pada MMC ke dalam bentuk DVD dan dalam beberapa bulan ini tidak banyak data baru di MMC yang saya simpan. Akan tetapi ternyata, tidak semua file dari DVD tersebut dapat dibaca. Kemudian saya coba untuk mencari software yang dapat membaca dan copy semua file dari CD ataupun DVD yang rusak. Lagi – lagi gagal, karena setelah sekian hari komputer running, yang baru terbaca hanya belasan file (masih tersisa sekian ratus file) ditambah lagi listrik di Indonesia tidak stabil yang membuat komputer harus berhenti bekerja pada hari ke – 4 .

Nah, malam ini saya teringat tools powerful di Linux yang dulu sering saya gunakan, Photorec, Testdisk , serta dd_rescue . Saya tidak akan memberikan tutorial cara menggunakannya karena bertebaran di internet . Salah satunya bisa dibaca di cgsecurity (saya sendiri baru lihat, complete banget lah) . Pada kesempatan berikutnya saya hanya akan memberikan langkah2 dalam recovery data berdasarkan kasus saya 🙂  . and im still working on it

————————————————————————————————————————————————————————

Im not Angel either Demon, Just Human

Gaous Afrizal

Leave a Reply

