ubuntu netbook remix dan dell mini 12 – part 1

masih ingat dengan cerita saya beberapa waktu lalu ? Tentang Dell mini 12 yang baru saja saya beli?
Kali ini saya mencoba menginstall Ubuntu Netbook Remix 9.10 .
Well, dalam menginstall disini saya menggunakan flashdisk sebagai pengganti cdrom . Permasalahan disini cukup banyak. Yaitu :

1. Bad sector
2. Installasi tidak bisa dilakukan 2 kali dengan menggunakan flashdisk yang sama
3. installasi yang berhenti setiap 94% ketika menginstall ubuntu netbook remix

Kasus 1
Awalnya, menginstall ubuntu netbook remix berjalan lancar dengan menggunakan filesystem XFS . Namun, ternyata hardisk saya memiliki bad sector sehingga harus saya cek dengan systemrescuecd .
Ternyata, jika dicek secara biasa tidak ada masalah, namun dicek secara keseluruhan cukup banyak error. Dan kemungkinan besar tidak bisa saya perbaiki.

solusi dari masalah ini, sepertinya saya harus bongkar laptop dell 12 tersebut dan melakukan cek dengan spinrite . saya saya tidak memiliki spinrite
solusi lainnya, download hiren 9.7 atau yang terbaru dan burn ke dalam flashdisk dan gunakanlah hdd generator . Untuk how to nya tidak bisa saya lakukan, karena saya pribadi tidak mencoba dan menggunakannya.

Kasus 2
setelah melakukan cek hardisk , saya menghapus partition table dan membuat ulang partition table. permasalahnya adalah. untuk melakukan install ternyata proses terhenti ada proses 94%. pada kasus ini saya menggunakan filesystem reiserfs . Alasannya karena filesystem tersebut memiliki speed yang lebih baik dibanding yang lain

solusi dari masalah installasi terhenti pada proses 94% , dengan melakukan install ulang dan mengganti filesystem dengan yang lain. misalnya saja xfs atau ext4 atau ext3 atau ext2. Pada kasus saya, saya mengganti reiserfs dengan EXT4 . (sorry Mr Hans, i leave you 😀 )

kasus 3
sayangnya untuk melakukan proses pada kasus 2 terganjal oleh kasus dimana installasi melalui flashdisk tidak bisa dilakukan 2 kali .

solusinya
saya melakukan format ulang Flashdisk dan burning ulang ubuntu netbook remix 9.10 kedalam flashdisk.

hmm…setelah berhari -hari ngoprek dengan dell mini 12 , obrak – abrik sector, dan lain sebagainya akhirnya linux dapat berjalan dengan lancar pada dell 12 .

Well, im not angel either demon just human. Kalau sekiranya ada yang bisa memberikan solusi lain untuk kasus2 diatas, saya sangat berterima kasih.
–gaous afrizal–

Leave a Reply

