Ubuntu 9.10 and Tweak

Ubuntu 9.10 Karmic Koala sudah muncul . Sayangnya resources yang dibutuhkan cukup tinggi, sehingga dapat mengurangi kinerja laptop. Spesifikasi laptop yang saya gunakan
TOSHIBA L310 :
– Intel Dual Core 1,8 GHz
– 1 GB RAM
– Intel GMA 965
– Hardisk 200 GB
Application Load

Laptop terasa bekerja dengan lambat. Ini saya alami sejak Ubuntu 8.04 – 9.10 . Saya mencari – cari cara untuk melakukan tweak tapi rasanya kurang berhasil. Untuk mengakali itu saya mencoba – coba dan hasilnya cukup konstant bekerja dengan load 30%.
Berikut cara yang saya gunakan :

1. CPU Frequency Scaling Monitor . Aturlah menjadi Power Save
Ini akan memaksa laptop untuk bekerja pada kecepatan minimum / standar yang dapat digunakan. Dalam kasus saya bekerja pada 800 MHz

2. Mengatur Session startup
Menu > System > Preferences > Startup Application
Ada banyak daemon yang distartup saat awal booting dan terus berjalan. Untuk itu matikanlah beberapa services yang sedang tidak digunakan. Dalam hal ini, saya mematikan
— Bluetooth Manager
— Check For new hardware drivers
— Evolution Alarm Notifier (Evolution Mail)
— Gnome Do ( jika sebelumnya install gnome do )
— Gwibber ( Microblogging Client for Gnome )
— Print Queue Applet
— Remote Desktop
— Screensaver
— update notifier
— Visual Assistance
— ( Mungkin ada tambahan lainnya )

3. Yang paling banyak makan resource adalah FIREFOX
Themes yang digunakan pun dapat mempengaruhi kinerja laptop. Untuk itu gantilah themes Anda dengan yang lebih simple. Dalam kasus saya, saya menggunakan Foxdie Blue Theme

4. Menggunakan multimedia player yang paling ringan
Saya mengganti multimedia player saya Rhythmbox dengan Audacious. cukup menghemat resoources yang ada saya pikir.

5. Matikan Compiz
Menu > System > Preferences > Appearance > Visual Effects > None

Saya kira, laptop sekarang sudah dapat berjalan lebih ringan

Well , Im not Angel either demon just human . Mungkin saja ada tips n trik lainnya dari rekan2 ?

Original Post by
— Gaous Afrizal —

Leave a Reply

