Open Sources : Trouble or Mempercepat Perkembangan Teknologi?

sebenarnya tulisan ini sudah lama saya posting dalam versi bahasa inggris, sayangnya blognya telah saya hapus. Oleh sebab itu saya tulis kembali sekedar catatan bahwa saya pernah menulis tentang hal ini.

Benefits of Linux

Setelah beberapa tahun bergelut dengan GNU/Linux, saya selalu terpikir bahwa apa keuntungan terbesar yang saya peroleh? Memang banyak masalah, tapi bukankah terkadang dari masalah itulah kita dapat belajar? Banyak orang mengatakan dan menulis kelebihan dan keuntungan dari penggunaan GNU/Linux ( salah 1 Open Sources system ) beberapa diantaranya
1. Secure, tentu saja GNU/Linux memiliki keamanan seperti Unix yang tidak perlu diragukan lagi keamanannya. Karena GNU/linux memang dirancang atas dasar keamanan. Penulis hanya bisa tersenyum saat orang bertanya-tanya, antivirus apa yang penulis gunakan.
2. Fast, penulis merasa menggunakan Linux relatif lebih cepat dibanding menggunakan Windows pada komputer berspesifikasi rendah. Hal ini memang disebabkan linux yang dapat digunakan pada perangkat embedded
3. Fewer Crash, selama ini penulis hanya beberapa kali mengalami crash dibandingkan menggunakan windows. Dan crash yang terjadi pun tidak membuat system lainnya menjadi down seperti halnya pada windows.
4. Shareable dan Free. Salah 1 keuntungan yang terbesar adalah,sebagian besar aplikasi yang disediakan untuk GNU/Linux bersifat gratis. Cukup mendownloadnya saja dari internet dan menginstallnya saja. Anda tidak akan mengeluarkan uang 1 rupiah pun untuk membayar licensinya kecuali ongkos ke warnet. Anda pun dapat melakukan update tanpa perlu membayar licensi. Selain itu, Anda dapat menyebarkannya dengan bebas kepada rekan-rekan yang lain secara Legal. Bahkan hingga saat ini, penulisbelum pernah membayar 1 rupiah pun untuk menginstall atau update suatu aplikasi di dalam GNU/linux.
5. Tidak ada Restriction, Anda tidak akan mendapatkan notifikasi Windows Genuine Advantage atau Windows Activation yang
mengganggu saat pertama kali menjalankan GNU/Linux. Anda pun tidak akan memerlukan License Key untuk menginstallnya.
6. Community, ada keuntungan yang bisa diperoleh dari penggunaan GNU/Linux ini adalah kita mendapat rekan-rekan baru. Jika kita berhubungan dengan Linux secara tidak langsung suka atau tidak maka kita telah menjadi bagian dari community GNU/Linux. Dengan senang hati mereka akan membantu. Bagaimanapun juga dulu mereka pernah menjadi seorang newbie.

Keuntungan diatas hanya bonus tambahan. Keuntungan yang paling besar menurut Penulis dari penggunaan Open Source System adalah Accelerate Technology dan mencerdaskan masyarakat, ini adalah keuntungan yang bisa didapat belajar GNU/Linux. Mengapa? Karena sifatnya yang open sources dan terbuka, maka diperbolehkan siapa pun untuk melakukan pengembangan dan perubahan terhadap source code di dalamnya dengan syarat mencantumkan nama – nama developernya. Seiring dengan hal ini , maka secara tidak langsung akan memaksa user untuk belajar lebih dalam  menjalankan setiap teknologi baru yang dihasilkan. Dan memang ini sesuai dengan yang diinginkan Richard Stallman sejak awal

Contohnya saja : MSC Ericson yang telah diembedded Debian GNU/Linux . So? Open Sources : Trouble or Menguntungkan?

Advertisements

5 Comments to “Open Sources : Trouble or Mempercepat Perkembangan Teknologi?”

  1. karena aq belum make’ open source (ex: GNU/Linux), maka akan saya jawab “trouble”.
    Tapi benar kata penulis, masalah akan mengilhamkan banyak ilmu bagi orang yang bersedia menghadapi masalah

  2. bukankah kita berdoa agar selalu menjadi kuat , dewasa, dan cerdas? justru dengan diberi “study kasus” oleh Allah SWT menjadikan kita lebih kuat, dewasa , dan cerdas?
    nah “problem” di dunia open sources sebenarnya “study kasus” untuk menjadi lebih pandai dan mau meninggalkan yang haram ( baca : Bajakan ) 😀

  3. ya,,klo ga mo dapet “trouble”, mending ga usah pake dua-duanya kan.. a.k.a jauhi yang namanya komputerisasi.. wkwkwkwk.. u know ur own choice for ur best and ur reliability..

  4. GNU, unix, linux, open source, freeware, itu semua adalah hal yang berbeda2, jangan disama2kan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: